Formulasi sediaan pemerah pipi dari ekstrak kelopak bunga rosela(hibiscus sabdariffa linn.)sebagai pewarna dalam bentuk compact powder.[CD-ROM]

Bindharawati Nina, (2013) Formulasi sediaan pemerah pipi dari ekstrak kelopak bunga rosela(hibiscus sabdariffa linn.)sebagai pewarna dalam bentuk compact powder.[CD-ROM]. Other thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, penyalahgunaan pewarna tekstil didalam sediaan pemerah pipi sangat memprihatinkan. Hal tersebut mengakibatkan dibutuhkannya suatu produk pemerah pipi yang aman dan mempunyai manfaat yang sesuai dengan penggunaannya. Ekstrak kelopak bunga rosela dapat dijadikan sebagai salah satu pewarna alternatif yang aman dengan konsentrasi 30 %. Dalam suatu sediaan kosmetik compact powder, pengikat merupakan komponen terpenting. Pada penelitian akan diamati perbedaan konsentrasi isopropil miristat masing-masing formula I 0,5%, formula II 0,75% dan formula III 1%. Ekstrak kelopak bunga rosela didapatkan dengan cara maserasi etanol 96% dengan penambahan 3% asam asetat glasial, lalu diuapkan di penangas air dengan suhu dibawah 70º C. Rendemen yang diperoleh sebesar 25,17%. Sediaan pemerah pipi compact powder dibuat dengan cara kempa kering. Pada hasil pengamatan ditunjukkan bahwa sediaan dengan konsentrasi isopropil miristat 0,5% lebih rapuh atau mudah pecah. Pada uji pH, sediaan dengan konsentrasi 1% memiliki pH yang lebih asam. Pada uji oles, sediaan dengan konsentrasi 1% tidak dapat ditempelkan pada kuas dan tidak dapat dilekatkan pada kulit. Formula dalam sediaan pemerah pipi dari ekstrak kelopak bunga rosela memiliki formulasi terbaik dengan konsentrasi isopropil miristat yang terbaik adalah 0,75%. Kata-kata kunci : compact powder, isopropil miristat, pemerah pipi, rosela.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2014 03:27
Last Modified: 12 Sep 2014 03:27
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item