Prototype gerak levitasi magnetik

Musthofa, Ali (2002) Prototype gerak levitasi magnetik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penggunaan medan elektromagnetik memegang peranan penting dalam industri sejalan dengan perkembangan teknologi. Sistem mekanik pada gerak linier atau rotasional yang biasanya menghadapi gaya gesek mekanis memerlukan pemeliharaan dengan pelumasan atau penggantian karena keausan bearing atau penggantian pegas. Medan elektromagnetik dapat dipakai untuk mengatasi masalah mekanis di atas dengan levitasi magnetik atau suspensi magnetis (magnetic levitation). Pada penelitian ini dibuat model kereta (vehicle) yang dapat bergerak secara linier (maju- mundur) dan berlevitasi ( melayang ). Dalam hal ini kumparan elektromagnetik dipasang sepanjang lintasan yang dilalui. Untuk gerak linier, kumparan elektromagnetik yang menggerakkan daya dorong dipasang pada dinding kiri dan kanan lintasan. Sedangkan untuk keperluan levitasi, kumparan elektromagnetik ditempatkan pada alas lintasan kereta. Sebagai perwujudannya alat ini terdiri dari dua bagian utama yang meliputi perencanaan hardware dan software. Untuk perencanaan hardware terdiri dari pembuatan kumparan elektromagnetik, evil kontrol (mengontrol kumparan elektromagnetik ), dan rangkaian catu daya, sedangkan untuk software menggunakan program bahasa pascal. Parameter dari penelitian ini yaitu dengan merubah massa kereta antara 300 gram sampai 680 gram dan kecepatan pergeseran on-off kumparan elektromagnetik dari 0,375 m/s sampai 0,091 m/s. Ternyata dengan mengatur kecepatan pergeseran on-off kumparan elektromagnetik mampu menggerakkan kereta bermassa 300 gram sampai 452 gram dengan percepatan 1,275 m/s2 sampai 0 0,77 m/s2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: EK Lengkonosari PN
Date Deposited: 11 Dec 2015 06:49
Last Modified: 11 Dec 2015 06:49
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item