Pengembangan media pembelajaran mandiri berupa papan permainan sains “pipa dan selang” untuk sub pokok bahasan fluida statis

Budisungkono, Fongling Natalia (2015) Pengembangan media pembelajaran mandiri berupa papan permainan sains “pipa dan selang” untuk sub pokok bahasan fluida statis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bagian penting dari sains. Dalam mempelajari fisika, tidak cukup hanya dengan mengerti konsep saja. Siswa perlu juga mengingat rumus dan satuan untuk dapat memecahkan permasalahan yang diberikan. Diperlukan banyak latihan terutama untuk soal-soal aplikatif yang memerlukan analisis. Akan tetapi, siswa cenderung tidak suka terhadap pelajaran fisika sehingga siswa bersikap meremehkan dan enggan berlatih. Siswa usia SMP cenderung lebih suka bermain. Media pembelajaran berupa permainan dapat menarik minat siswa untuk berlatih secara mandiri di luar kelas. Dengan bermain sambil belajar diharapkan siswa tidak akan merasa jenuh dan dapat memahami fisika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan adanya media pembelajaran mandiri berupa permainan untuk sub pokok bahasan fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan, yaitu suatu metode yang berorientasi pada pengembangan produk pembelajaran yang akan digunakan untuk pemecahan masalah pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa papan permainan sains “Pipa dan Selang” yang dilengkapi dengan kartu soal dan kartu jawaban yang dapat mendeskripsikan materi fluida statis dengan jelas berikut penerapan konsepnya dalam kehidupan sehari-hari. Media yang dikembangkan telah melalui uji validasi dan tergolong sangat baik dengan poin 3,62. Media juga telah diujicobakan secara terbatas kepada 14 orang mahasiswa jurusan pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala dan telah dilakukan perbaikan. Uji lapangan dilakukan pada 30 orang siswa kelas IX SMP Santa Maria Surabaya. Berdasarkan hasil angket, 92,42% responden menyatakan bahwa media yang dikembangkan menarik dan dapat membantu memahami materi fluida statis. Dengan demikian, media pembelajaran mandiri berupa papan permainan sains “Pipa dan Selang” ini dapat digunakan sebagai sarana belajar yang dapat menarik siswa berlatih secara mandiri pada sub pokok bahasan Fluida Statis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran mandiri, permainan sains, pipa dan selang, fluida statis
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:26
Last Modified: 18 Jan 2016 05:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item