Pembuatan perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing untuk melatih keterampilan proses Sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Santo Hendrikus Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor

Pratiwi, Elis Cahya (2015) Pembuatan perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing untuk melatih keterampilan proses Sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Santo Hendrikus Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, siswa merasa kesulitan dalam belajar fisika. Siswa cenderung melamun dan tidak berkonsentrasi saat pembelajaran di kelas. Secara umum, siswa tidak berminat terhadap pembelajaran fisika. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil ulangan harian keempat siswa kelas X3 SMAK Santo Hendrikus Surabaya tahun ajaran 2014/2015, diperoleh bahwa 52,38% nilai siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari beberapa penjelasan di atas, peneliti melakukan suatu penelitian pengembangan tentang “Pembuatan Perangkat Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAK Santo Hendrikus Surabaya pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing dapat melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran diujicobakan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik validasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing yang telah disusun berkategori baik, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Santo Hendrikus Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, model penemuan terbimbing, keterampilan proses sains, hasil belajar siswa
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:16
Last Modified: 18 Jan 2016 05:16
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item