Penerapan model pembelajaran learning cycle berbantu macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP Kristen Sendang Tulungagung pada pokok bahasan cahaya

Pindarti, Filia Enggar (2015) Penerapan model pembelajaran learning cycle berbantu macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP Kristen Sendang Tulungagung pada pokok bahasan cahaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas VIII A SMP Kristen Sendang Tulungagung diperoleh persentase keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran adalah 38,10 % dari 21 siswa di kelas dan 71,43 % siswa masih berada di bawah nilai SKM yaitu sebanyak 15 dari 21 siswa di kelas yang mendapat nilai dibawah 75 dengan skor rata-rata kelas 70,81. Penyebabnya adalah konsentrasi dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang, siswa melakukan aktifitas sendiri tanpa memperhatikan penjelasan guru, dan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas rendah karena siswa cenderung pasif. Sehingga perlu dilakukan suatu tindakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. PTK dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (LC) berbantu Macromedia Flash pada pokok bahasan Cahaya. PTK dilaksanakan selama dua siklus. Pada akhir Siklus I diperoleh data persentase keaktifan siswa adalah 54,77 % dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 52,38 % dengan skor rata-rata kelas 73,43. Pada akhir Siklus II diperoleh data persentase keaktifan siswa adalah 78,57 % dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 76,19 % dengan skor rata- Rata kelas 77,24. Selain itu, untuk skor pengelolaan pembelajaran di dalam kelas masing-masing adalah Siklus I Pertemuan I 76 (Baik) dan Pertemuan II 91 (Baik), Siklus II Pertemuan I 92 (Baik), Pertemuan II 103 (Sangat Baik). Mengacu pada kriteria keberhasilan yang ditetapkan di awal penelitian yaitu persentase minimal keaktifan siswa di kelas adalah 70 %, hasil belajar siswa 70 %, dan nilai rata-rata kelas minimal 75, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) berbantu Macromedia Flash pada pokok bahasan Cahaya dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Kristen Sendang Tulungagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian tindakan kelas, learning cycle, macromedia flash, cahaya, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:10
Last Modified: 18 Jan 2016 05:10
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item