Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang di SMPK St. Antonius Mataram

Duli, Sirlus Andreanto Jasman (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang di SMPK St. Antonius Mataram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika di sekolah seringkali terhambat karena kurang didukung oleh perangkat pembelajaran yang lengkap; umumnya hanya ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah bertahun-tahun digunakan tanpa revisi. Hal ini terjadi pula di SMPK St. Antonius Mataram sehingga hasil belajar fisika siswa tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan telah digunakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran, dilengkapi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan alat peraga sebagai acuan dan alat bantu implementasi pembelajaran. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest satu grup digunakan sebagai metode pelengkap untuk mengukur efektivitas perangkat pembelajaran fisika yang telah dikembangkan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPK Santo Antonius Mataram. Instrumen penelitian meliputi perangakat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang terdiri dari RPP, Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE) semuanya telah melewati evaluasi uji ahli. Implementasi perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan di kelas VIII SMPK Santo Antonius Mataram menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa meningkat dengan gain score g = 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang dan dengan persentase keterlaksanaan RPP sebesar 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran fisika, model pembelajaran inkuiri terbimbing, prestasi belajar siswa, getaran dan gelombang
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:01
Last Modified: 18 Jan 2016 05:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item