Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X-MIA 1 SMA IPIEMS Surabaya

Saputri, Mei Anggi (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X-MIA 1 SMA IPIEMS Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Observasi awal yang dilakukan penliti pada kelas X-MIA 1 SMA IPIEMS Surabaya menemukan basil belajar sisvva relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh rendalmya minat siswa pada pelajaran fisika. Beberapa siswa tampak berbicara dengan ternan sebangku, bennain handphone, dan melamun. Prosentase siswa yang mencapai skor ketuntasan minimum (SKM) hanya 44% dan prosentase minat siswa pada pelajaran sebesar 58%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan basil belajar siswa di kelas tersebut. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pennainan "Talking Stick" pada pokok bahasan suhu dan kalor digunakan dalam penelitian ini. Indikator keberhasilan meliputi minimal 75 % sisvva benninat dalam mengikuti pelajaran fisika, minimal 75 % siswa memenuhi SKM dan keterlaksanaan RPP dengan metode TGT tidak kurang dari 80% dengan persyamtan jumlah siklus minimum 2. PTK dilakukan sebanyak dua siklus. Pada akhir siklus pertama diperoleh prosentase minat siswa sebesar 77 % ; prosentase siswa yang mencapai SKM sebesar 79 %; dan keterlaksanaan RPP mencapai 84%. Pada akhir siklus kedua prosentase minat siswa meningkat menjadi 90 %; prosentase siswa yang mencapai SKM meningkat menjadi 85 %; dan keterlaksanaan RPP mencapai 88%. Kecenderungan tetjadinya peningkatan prosentase minat siswa dan siswa yang mencapai SKM serta keterlaksanaan RPP meyakinkan peneliti bahwa PTK yang dilakukan mencapai tujuan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, PTK, minat siswa, hasil belajar siswa, suhu dan kalor, talking stick
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:15
Last Modified: 18 Jan 2016 02:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item