Pendidikan manusia-manusia demokratis filsafat pendidikan Noam Chomsky relevansi serta keterbatasannya pada konteks Indonesia

Wattimena, Reza Alexander Antonius (2012) Pendidikan manusia-manusia demokratis filsafat pendidikan Noam Chomsky relevansi serta keterbatasannya pada konteks Indonesia. Jurnal Filsafat Arete.

[img]
Preview
Text
Jurnal Reza Arete, Noam Chomsky.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah tulang punggung dari masyarakat yang beradab. Di dalam masyarakat demokratis, pendidikan memainkan peranan penting untuk menciptakan, menyebarkan, dan merawat prinsip-prinsip ideal demokrasi. Inilah argumen utama dari filsafat pendidikan Noam Chomsky. Ada hubungan yang amat erat antara prinsip-prinsip demokratis di satu sisi, dan paradigma pendidikan demokratis di sisi lain. Akan tetapi, nilai-nilai demokratis ini sekarang diancam oleh cara berpikir otoriter yang ada di dalam ideologi-ideologi totaliter dan cara berpikir kapitalistik. Dua bentuk ideologi ini menindas kebebasan manusia, dan menghancurkan kultur demokratis yang menjadi dasar dari masyarakat demokratis. Chomsky menawarkan pengetahuan tentang cara untuk menata ulang pendidikan untuk menanggapi tantangan-tantangan di dalam masyarakat demokratis.

Item Type: Article
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Reza Alexander Antonius W .
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:28
Last Modified: 31 Jan 2017 05:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item