Metode asesmen berbasis pembelajaran kooperatif

Tamah, Siti Mina and Prijambodo, V. Luluk (2014) Metode asesmen berbasis pembelajaran kooperatif. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2-4] Text (BAB 2-4)
BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif)
21_Metode_Asesmen_(full_paper).pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif_peer_review_] Text (Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif_peer_review_)
28-R1&2-Metode_asesmen_berbasis_....pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif] Text (Metode Asesmen Berbasis Pembelajaran Kooperatif)
24- Metode_Asesmen_Hasil_cek_similarity_.pdf

Download (33MB)

Abstract

Dengan target mengorbitkan metode asesmen berbasis pembelajaran kooperatif,peneliti bermaksud menjangkau hal yang lebih makro yang tertuang dalam keutamaan penelitian sebagai berikut: mencetak anak didik yang akan menjadi penerus bangsa yang menunjukkan sifat luhur (rukun, tidak mudah dendam, dan saling menghargai), dan membantu mengurangi masalah tawuran antar pelajar yang marak terjadi di masyarakat kita. Dalam tahap survei awal peneliti telah mengimplementasi pembelajaran kooperatif dan memantapkan metode yang secara informal telah dicobakan sebelumnya. Tim peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif selama 1 semester tahun ajaran 2013/2014 (semester genap) dan mencoba ulang metode asesmen yang akan diorbitkan. Observasi telah dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif di beberapa Sekolah Menengah Pertama. Populasi penelitian adalah 40 sekolah yang memiliki kerjasama dengan Universitas Widya Mandala yang biasanya dijadikan tempat mahasiswa FKIP melakukan Praktek Pengalaman Lapangan. Secara acak, 30 sekolah menengah pertama dipilih menjadi wilayah penelitian. Guru-guru yang dilibatkan yaitu guru pengasuh mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika. Tim peneliti membuat analisis kebutuhan terhadap penerapan metode asesmen. Untuk ini, senerai dibagikan ke 30 sekolah latihan yang menjadi wilayah penelitian. Akhirnya terjaring senerai yang diisi oleh 28 guru dan 28 siswa. Senerai tidak hanya terbatas pada kebutuhan asesmen tetapi juga pada hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif secara umum. Selain dari senerai, data juga terjaring dari wawancara terstruktur dengan 4 guru yang telah mengisi angket. Wawancara dilaksanakan untuk konfirmasi jawaban dalam angket dan juga untuk mendapat informasi lebih detail terutama hal yang berkaitan dengan penilaian hasil kerja kelompok. Berdasarkan penelitian Tahap I yang telah terlaksana ini, tampak jelas guru-guru perlu mendapatkan wacana metode asesmen yang baru dan yang ‘benar’. Metode asesmen pembelajaran kooperatif yang sudah dimantapkan di ruang perkuliahan ini siap diperkenalkan dan diujicobakan di kelas sekolah menengah. Pada penelitan lanjutan nantinya (Tahap II) tim akan menyelenggarakan pelatihan kepada guru-guru sekolah menengah di sekolah-sekolah yang menjadi wilayah penelitian. Setelah mendapat pelatihan, guru-guru diminta menerapkannya di sekolah masingmasing. Untuk menjaring umpan balik pelaksanaan pembelajaran, senerai perlu dirancang dan wawancara terstruktur dengan beberapa perwakilan guru dan siswa juga akan dilakukan. Hasil analisis senerai dan wawancara akan dijadikan landasan untuk merevisi metode. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas untuk metode yang akan diorbitkan ke masyarakat luas. Proses diseminasi metode asesmen berbasis pembelajaran kooperatif dilakukan dengan mengadakan kegiatan seminar sebagai usaha untuk menyebarkan metode asesmen berorientasi pembelajaran kooperatif. Walau seminar tidak berdampak langsung dalam jangka pendek – yang memang merupakan ciri penelitian fundamental – paling tidak proses diseminasi ini akan menghasilkan penyebaran metode asesmen yang benar yang sesuai dengan prinsip pembelajaran kooperatif agar tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai. Kata kunci: Asesmen, Cooperative Learning

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Asesmen, Cooperative Learning
Subjects: English Education
English Education > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Education Study Program
Depositing User: Ms M.N. Siti Mina Tamah
Date Deposited: 24 Feb 2016 09:59
Last Modified: 01 Aug 2022 07:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item