Preferensi masyarakat Surabaya dalam menggunakan media sosial

Santoso, Daniel (2015) Preferensi masyarakat Surabaya dalam menggunakan media sosial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi semakin pesat. Media cetak sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke media online. Hampir setiap orang memiliki smartphone. Salah satu jenis media online yang sedang menjadi trend saat ini adalah media sosial. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana preferensi masyarakat Surabaya dalam menggunakan media sosial. Peneliti mengungkapkan media sosial apa yang dipilih oleh masyarakat Surabaya beserta fitur yang dipilih menggunakan teori Uses and Gratification. Dalam teori uses and gratification, khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya; artinya, sebagian penting dari penggunaan media massa diasumsikan mempunyai tujuan tertentu. Audiens adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi dan berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Salah satu ciri khalayak aktif adalah selektif. Khalayak harus selektif memilih media sosial yang akan digunakan untuk mencapai tujuannya. Selektifitas erat kaitannya dengan preferensi. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengungkapkan bagaimana preferensi masyarakat Surabaya dalam menggunakan media sosial. Jenis media sosial dalam penelitian ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google Plus, dan Linked In. Masing-masing media sosial memiliki fitur yang berbeda. Fitur merupakan ciri khas yang menonjol sehingga menjadi daya tarik media sosial tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa media sosial yang mendapat pilihan pertama dari masyarakat Surabaya adalah Instagram, sedangkan pada urutan kedua adalah Facebook, dan pada urutan ketiga adalah Path. Instagram unggul dengan fitur unggah foto, sedangkan Facebook unggul dengan fitur update status, dan Path unggul dengan fitur share moment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Preferensi Media, Media Sosial
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 2746 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 03:23
Last Modified: 19 Jan 2016 03:23
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item