Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi

Yong, Defvara Advensya Auw (2015) Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu wujud tanggung jawab yang wajib dilaksanakan oleh industri pertambangan, termasuk pertambangan batubara. Pelaksanaan dan pengungkapan CSR dipercaya dapat meningkatkan nilai perusahaan. Profitabilitas merupakan gambaran kemampuan perusahaan dalam mendapatkan laba. Sehingga semakin tinggi profitabilitas diyakini dapat memperkuat pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahan. Ketika profitabilitas perusahaan yang semakin tinggi, maka modal perusahaan semakin meningkat sehingga pengungkapan CSR menjadi semakin luas. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, dan menguji dampak profitabilitas pada pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 – 2013. Sampel yang digunakan sebanyak 10 perusahaan batubara, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan Moderated Ratio Analysis. Hasil analisis menunjukan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun hasil uji t menunjukkan bahwa profitabilitas tidak memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap Nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya profit yang diperoleh perusahaan tidak dapat memperkuat pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibilities, nilai perusahaan, dan profitabilitas.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Operator 3 Student Staff
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:46
Last Modified: 03 Nov 2016 07:46
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item