Programmable USB PAD sebagai alat penunjang pendidikan anak-anak berusia kurang dari tiga tahun

Widjajakusuma, Arvin (2005) Programmable USB PAD sebagai alat penunjang pendidikan anak-anak berusia kurang dari tiga tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Personal computer (PC) merupakan sarana edukatif yang dapat sangat membantu bagi perkembangan pendidikan anak-anak. Namun rumitnya penggunaan PC (terutama penggunaan keyboard) sering kali menyebabkan pengguna PC terbatas pada usia 3 tahun keatas. Karena itu, supaya keyboard dapat digunakan oleh anak-anak (terutama yag berusia dibawah 3 tahun), perlu penyederhanaan bentuk fisik keyboard dan membuat tampilan keyboard menjadi lebih menarik. Programmable USB Pad merupakan keyboard USB sederhana yang hanya memiliki 10 tombol dengan ukuran masing-masing tombol 10 cm x 10 cm. Alat ini akan terhubung ke PC melalui USB interface dan dikenali PC sebagai keyboard. Tujuan dari diciptakannya alat ini adalah sebagai sarana penunjang pendidikan dan sarana bermain bagi anak-anak terutarna yang berusia kurang dari 3 tahun. Contoh bentuk pendidikan yang dapat diterapkan dengan menggunakan alat ini antara lain pengenalan huruf, pengenalan angka, dan pengenalan bentuk (tergantung pada software yang digunakan). Selain itu alat ini juga dapat digunakan sebagai sarana terapi bagi anak-anak yang menderita keterbelakangan mental. Karena digunakan untuk anak-anak maka rangkaian elektronika yang digunakan di dalamnya akan dibuat seaman mungkin dari jangkauan pengguna alat ini. Selain itu bentuk fisik dari alat ini akan dilapisi oleh karet yang bertujuan untuk mencegah cedera pada anak-anak apabila menekan tombol terlalu keras. Pada setiap tombol akan terdapat tempat untuk memasukkan kertas yang bergambar atau bertuliskan sesuatu yang mewakili fungsi dari tombol tersebut. Pada pengujian yang dilakukan pada alat ini, fungsi setiap tombol pad dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna (pengubahan fungsi tombol dilakukan melalui proses pemrograman tombol). Selain itu programmable pad juga dapat digunakan bersama dengan keyboard umum lainnya dengan tidak mengganggu kinerja keyboard yang digunakan tersebut ataupun sebaliknya. Diharapkan dengan digunakannya alat ini sebagai sarana pendidikan, anak-anak dapat belajar dengan menggunakan media yang menarik perhatiannya sehingga membuat mereka tidak mudah bosan serta lebih mudah menangkap sesuatu yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2016 08:04
Last Modified: 11 Mar 2016 08:04
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item