Sujono, Novika (2016) Penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer pada pokok bahasan impuls dan momentum untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Katolik Santo Hendrikus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (269kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (12kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Katolik Santo Hendrikus Surabaya ditemukan bahwa keaktifan dan hasil belajar fisika kelas XI IPA 1 masih rendah. Nilai rata-rata ulangan fisika adalah 58 dengan prosentase ketuntasan 33%. Penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi dalam belajar fisika, siswa menganggap bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sulit, siswa sering berbicara dengan teman, melamun, melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran saat guru menjelaskan materi fisika dan terkadang siswa juga cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA 1. Ketercapaian tujuan ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Stanford. Subyek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Katolik Santo Hendrikus Surabaya. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pada akhir siklus I, prosentase keaktifan siswa adalah 72,92% dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa 100% dengan rata-rata kelas 96,98. PTK dilanjutkan dengan siklus II karena keaktifan siswa belum memenuhi indikator. Pada akhir siklus II, prosentase keaktifan siswa adalah 83,33% dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa 100% dengan rata-rata kelas 99,79.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | PTK, pembelajaran langsung, media, impuls dan momentum |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 2708 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 01:50 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 01:50 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5196 |
Actions (login required)
View Item |