Pengembangan perangkat pembelajaran fisika impuls dan momentum menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS) untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa

Sari, Yessy Retno (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika impuls dan momentum menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS) untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika. Meskipun seorang guru dalam menyampaikan materi sudah sesuai dengan aturan, namun masih tetap dijumpai siswa yang merasa bosan dan susah untuk menerimanya. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai fisika siswa yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan impuls dan momentum agar dapat meningkatkan keaktifan danhasil belajar siswa di SMA Santo Carolus Surabaya. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran fisika yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku Siswa (BS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE) yang telah melewati uji ahli dan telah diuji cobakan di kelas tersebut. Hasil validasi memberikan skor 3.86 untuk RPP, 3.76 untuk Buku Siswa, dan 3.54 untuk LKS. Hasil ujicoba menunjukkan 80% siswa aktif dalam pembelajaran, respon ssiswa terhadap implementasi TPS 79.7 % dan skor gain rata-rata sebesar 0.63.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, impuls dan momentum, model kooperatif, type Think Pair and Share (TPS)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2016 01:08
Last Modified: 03 Feb 2016 01:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item