Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya kelas XI IPA 2 pada pokok bahasan impuls, momentum, dan tumbukan

Prastama, Bernardus Denta Dwi (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya kelas XI IPA 2 pada pokok bahasan impuls, momentum, dan tumbukan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal, siswa-siswi XI IPA 2 SMAK Stella Maris seringkali kesulitan dalam memahami pelajaran Fisika. Hal itu terlihat ketika pelajaran sedang berlangsung. Sebagian besar siswa kurang fokus dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal itu menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Hasil yang diperoleh ketika diadakan ulangan harian bab Kinematika, sebanyak 46,88 % dari jumlah seluruh siswa tersebut mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Impuls, Momentum dan Tumbukan. Model pembelajaran tipe TGT dipilih karena dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Tipe TGT melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan yang menggembirakan sehingga menggugah semangat siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 69, 6875. Tingkat ketuntasan siswa mencapai 56, 25%. Pada akhir siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 80,375. Tingkat ketuntasan siswa mencapai 84,375%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Peningkatan prestasi belajar, impuls, momentum dan tumbukan, model pembelajaran kooperatif
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 2705 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:48
Last Modified: 02 Feb 2016 01:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item