Studi perbandingan antara metode tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa SLTP Katolik Santa Agnes Surabaya tahun ajaran 1998 – 1999 pada pokok bahasan pembiasan cahaya

F.X Nata, . (1999) Studi perbandingan antara metode tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa SLTP Katolik Santa Agnes Surabaya tahun ajaran 1998 – 1999 pada pokok bahasan pembiasan cahaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab-6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang kurang diminati siswa. Seorang guru di dalam kelas harus menggunakan metode pengajaran yang bervariasi agar prestasi belajar siswa lebih baik. Metode Demonstrasi dan Metode Tanya Jawab merupakan contoh metode pengajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penulis membandingkan Metode Tanya Jawab dan Metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pembiasan cahaya. Hipotesis yang diberikan untuk sementara adalah metode Tanya Jawab lebih baik daripada metode Demonstrasi. Metode Tanya Jawab merupakan metode pengajaran yang merupakan ucapan verbal yang meminta respon dari seseorang yang dikenai respon. Metode Demonstrasi merupakan metode pengajaran yang menunjukkan suatu proses kejadian yang sebenamya maupun tiruan. Metode Demonstrasi dan Metode Tanya Jawab mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk membandingkan metode Tanya Jawab dan Metode Demonstrasi mengambil sampel 2 kelas pararel dari populasi siswa kelas 2 SLTP Katolik Santa Agnes. Uji t dua rata - rata digunakan untuk prestasi belajar Fisika kedua sampel kelas. Metode Tanya Jawab dan Metode Demonstrasi diterapkan pada kedua sampel kelas dan diberikan tes hasil belajar yang sama untuk memperoleh skor hasil belajar. Dengan menggunakan prosedur penelitian uji t satu rata-rata terhadap skor hasil belajar dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Pembiasan Cahaya dengan pengajaran metode Tanya Jawab tidak lebih baik daripada menggunakan metode pengajaran Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:17
Last Modified: 15 Mar 2016 02:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5837

Actions (login required)

View Item View Item