Analisis faktor lingkungan eksternal dan internal untuk menentukan strategi bersaing pada PT. Selektani Horticulture di Surabaya

Ohara, Oh Calvin (2015) Analisis faktor lingkungan eksternal dan internal untuk menentukan strategi bersaing pada PT. Selektani Horticulture di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Tren selera pasar negara Eropa dan Amerika mengalami pergeseran dari jenis tanaman hias subtropis menuju jenis tanaman hias tropis, sehingga memberikan peluang pasar yang luas bagi produk-produk tanaman hias di Indonesia. Produsen florikultura nasional dituntut untuk mengembangkan strategi bisnis yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif di pasar internasional. PT. Selektani Horticulture memiliki visi menjadi market leader untuk produk bibit tanaman hias, namun tantangan yang dihadapi adalah persaingan ketat dengan perusahaan pembibitan dari Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi strategis PT. Selektani Horticulture melalui analisis faktor lingkungan dan menganalisis alternatif strategi yang sesuai untuk diterapkan dalam meraih keunggulan kompetitif. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian studi kasus (case study). Subyek penelitian ini bersifat strategis, target kasus yang diteliti adalah faktor lingkungan eksternal dan internal PT. Selektani Horticulture yang berpengaruh pada peningkatan keunggulan kompetitif. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Matriks EFE (External Factors Evaluation), Analisis Matriks IFE (Internal Factors Evaluation), dan Analisis Matriks IE (Internal-External), sehingga dapat diperoleh alternatif strategi bisnis di tingkat korporat yang lebih detail. Hasil analisis faktor lingkungan eksternal dan internal di Surabaya menunjukkan bahwa posisi strategis PT. Selektani Horticulture berada pada sel V pada Matriks Internal Eksternal, sehingga termasuk dalam posisi Moderate Attractive Industry. Alternatif strategi yang sesuai untuk diterapkan oleh PT. Selektani Horticulture untuk dapat meraih keunggulan kompetitif yang optimal di Surabaya adalah Hold and Maintain (bertahan dan memperbaiki). Strategi ini diturunkan ke dalam beberapa strategi intensif, yaitu market penetration dengan berupaya menekan biaya produksi, promosi, maupun riset; market development dengan melempar produk ke pasar baru, baik lokal maupun mancanegara dan dilanjutkan pada pengelolaan pasar dengan produk yang lebih lengkap; product development strategy dengan peningkatan kualitas sumber daya untuk kegiatan penelitian di PT. Selektani Horticulture. Saran bagi PT. Selektani Horticulture adalah agar menerapkan strategi “Hold and Maintain”, karena kondisi sosial, ekonomi dan persaingan yang makin ketat dari dalam negeri dan luar negeri yang saat ini masih kurang kondusif dan ketidakpastian (uncertainty).

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Analisis faktor lingkungan, strategi bersaing
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 16 Feb 2016 08:41
Last Modified: 17 Feb 2016 05:16
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item