Analisis soal tes buatan guru bidang studi fisika kelas I cawu II di SMU Dapena I Surabaya

Sulistyowati, Erna (1999) Analisis soal tes buatan guru bidang studi fisika kelas I cawu II di SMU Dapena I Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Evaluasi dalaan dunia pendidikan dapat bermacam - macam bentuknya antara lain adalah ulangan umum catur wulan. Secara umum ulangan umum catur wulan nerupakan tes buatan guru. sebuah tes harus memenuhi kriteria sebagai sebuahr tes yang baik yaitu: valid, reliabel, menpunyai daya pembeda yang tinggi dan memiliki taraf kesukaran yang seimbang. Dalam dunia pendidikan seringkali ada pertanyaan apakah soal tes buatan guru valid, eliabel,mempunyai taraf kesukaran yang seimbang, dan apakah mempunyai daya pembeda yang tinggi ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah soal tes buatan guruu- telah memenuhi. syarat tes yang balk. Pada landasan teori menguraikan tentang pengertian tes , macam-macam hasil belajar , tes buatan guru, tes subyektif, tes obyektif, tise-tipe tes obyektif kriteria tes yang baik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara metode dokumenter, serta sampel yang digunakan adalah 20 butir soal obyektif pilihan ganda pada ulangan umum cawu II yang diambil dengan cara non random. Data yang diperlukan adalah nilai ulangan harian dan skor ulangan umum cawu II . Analisis data yang digunakan adalah untuk menentukan validitas empiris , validitas item , reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda serta berfungsi tidaknya distraktor . Hasil analisis yang Didapat : validitas empiris = 0,539. Validitas item 12 butir(6o%)sangat valid 3 butir (15% ) valid . 5 butir kesukaran 2 b u t i r (10%) sukar, 13 butir (65%) sedang, 5 butir (25y") mudah. Daya pembeda 6 butir (25%) tidak valid 7 butir (35%) cukup, .5 butir (25%) je1ek , 1 butir (5%)baik sekali, dan 1 butir (5%) tidak baik Secara keseluruhan soal yang diteliti memenuhi syarat sebagai sebuah tes yang baik. Sedangkan distraktor dan omit dapat dikatakan berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:37
Last Modified: 15 Mar 2016 02:37
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item