Analisis soal buatan guru bidang studi fisika I pokok bahasan suhu dan kalor di SMUK Frateran Surabaya tahun pelajaran 1998 - 1999

Rahayu, Maria Agustina Darma (1999) Analisis soal buatan guru bidang studi fisika I pokok bahasan suhu dan kalor di SMUK Frateran Surabaya tahun pelajaran 1998 - 1999. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Evaluasi terhadap mutu pendidikan tidak dapat dipisahkan dari mutu alat evaluasi sehingga diperlukan usaha guru untuk menyusun tes yang memenuhi kriteria sebagai tes yang baik. Kenyataan yang terjadi tes yang disusun oleh bidang studi langsung diberikan kepada siswa tanpa dilakukan uji coba dan analisis item tes lebih dahulu, sehingga ada kemungkinan tes tersebut tidak memenuhi kritetia tes yang baik. Berdasarkan pemikiran diatas peneliti ingin mengetahui apakah tes buatan guru bidang studi Fisika sudah memenuhi kriteria sebagai tes yang baik yaitu apakah tes tersebut valid, reliabel, memiliki taraf kesukaran seimbang dan daya pembeda yang baik dengan batasan tes formatif yang berbentuk subyektif pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMUK Frateran Surabaya tahun pelajaran 1998 - 1999. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumenter dan metode tes. Sampel diambil secara random dari populasi yaitu soal-soal buatan guru bidang studi Fisika kelas IA - ID di SMUK Frateran Surabaya tahun pelajaran 1998 - 1999. Suatu tes harus benar-benar menilai secara tepat dan obyektif sesuai dengan kemampuan siswa sehingga diperlukan analisis terhadap suatu tes. Analisis untuk menentukan validitas isi dapat dilakukan dengan membandingkan TIK yang terdapat dalam satuan pelajaran dengan materi yang diajarkan sesuai dengan GBPP. Dalam menentukan validitas empiris digunakan rumus korelasi product momen dengan variabel skor tes dan nilai raport cawu I. Rumus korelasi product momen juga digunakan untuk menentukan validitas item dengan variabel skor tiap item dan skor total tes. Reliabilitas tes subyektif menggunakan rumus alpha dengan variabel standard deviasi dari skor tiap item dan skor total. Perbandingan antara jumlah siswa yang gagal menjawab benar dengan jumlah siswa yang mengikuti tes digunakan untuk menentukan taraf kesukaran tiap item. Siginifikansi daya pembeda menggunakan rumus uji t dua rata-rata dengan variabel skor total dan skor tiap item dari kelompok atas dan kelompok bawah. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tes buatan guru valid berdasarkan validitas isi, validitas empiris. Tes buatan guru memiliki validitas item sebesar 71 % valid dan 29 % tidak valid. Berdasarkan reliabilitas, tes buatan guru termasuk reliabel. Tes buatan guru memiliki taraf kesukaran 57 % mudah dan 43 % sedang. Tes buatan guru mempunyai daya pembeda yang signifikan sebesar 86 % dan daya pembeda yang tidak signifikan sebesar 14 % untuk tiap item.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:14
Last Modified: 15 Mar 2016 03:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item