Pengaruh pemberian tugas dalam bentuk kelompok dan individu terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas I di SMU Barunawati Surabaya tahun ajaran 1998/1999 dengan pokok bahasan Fluida Tak Mengalir

Sukmaningtyas, Retno (1999) Pengaruh pemberian tugas dalam bentuk kelompok dan individu terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas I di SMU Barunawati Surabaya tahun ajaran 1998/1999 dengan pokok bahasan Fluida Tak Mengalir. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu metode yang menunjang pengajaran adalah pemberian tugas baik itu secara kelompok atau individu. Kebanyakan yang dirasakan oleh guru pemberian tugas ini menjadikan beban bagi siswa, selain keterbatasan waktu yang tersedia akibat banyak kegiatan sekolah yang diikuti siswa, juga motivasi siswa untuk mengerjakan tugas kurang, karena terbentur oleh tugas pelajaran bidang studi lainnya. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang terencana dengan baik, dengan harapan hasil prestasi belajar siswa kelas I SMU Barunawati Surabaya tahun ajaran 1998/1999 dapat meningkat dan tercapainya sasaran sesuai dengan tujuan pengajaran Fisika di GBPP 1994, yaitu dapat menuntun para siswa untuk memahami konsep-konsep, hukum-hukum atau aturan-aturan yang terdapat didalam teori. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian tugas dalam bentuk kelompok dan individu terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas I di SMU Barunawati Surabaya tahun ajaran 1998/1999. Penelitian ini diajukan hipotes yang menyatakan bahwa pemberian tugas dalam bentuk kelompok meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pemberian tugas dalam bentuk individu. Bentuk pelaksanaan penelitian: untuk tugas kelompok, siswa dikelompokkan ± 6 orang kemudian diberi teori lalu tugas kelompok, sedangkan untuk tugas individu siswa diberi teori lalu tugas individu. Tugas ini dalam bentuk pendalaman materi dengan menyelesaikan soal. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fluida Tak Mengalir. Rumus yang digunakan adalah uji z dua rata-rata. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan nilai raport cawu I dan cawu ll, dari 9 kelas yang ada diasumsikan 2 kelas tidak mempunyai perbedaan yang menyolok dalam hal nilai prestasi belajarya. Kelas tersebut adalah 1-1 dan 1-9. Penentuan kelas yang diberi tugas kelompok dan tugas individu menggunakan teknik random sampling yaitu undian. Hasilnya kelas I-I diberi tugas kelompok dan 1-9 diberi tugas individu, dan semua siswa di 2 kelas tersebut sebagai anggota sampel. Hasil perhitungan data berdasarkan tes hasil belajar didapatkan bahwa pemberian tugas secara kelompok menunjang atau mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan nilai hasil prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:38
Last Modified: 15 Mar 2016 03:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item