Evaluasi pengendalian internal piutang pada JW Marriott Hotel Surabaya(Studi kasus pada perusahaan jasa perhotelan)

Kurniawan, Ivan Christian (2015) Evaluasi pengendalian internal piutang pada JW Marriott Hotel Surabaya(Studi kasus pada perusahaan jasa perhotelan). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)

Abstract

JW Marriott adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang perhotelan. Dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, JW Marriott memberikan fasilitas kredit untuk pelanggan yang skala transaksinya cukup banyak. Aktivitas tersebut menyebabkan timbulnya piutang. Piutang timbul dimulai saat tamu menggunakan jasa hotel disertai dengan guarantee letter/ voucher sebagai jaminan tamu tersebut berasal dari perusahaan yang memiliki fasilitas kredit. Mencetak guest folio lalu menginput ke city ledger sampai pada pembuatan tagihan ke pelanggan. Seluruh dokumen harus dipastikan kelengkapannya sebelum sampai ke pelanggan. Sistem informasi akuntansi dapat membantu aktivitas bisnis perusahaan. Diantaranya dalam hal pencatatan pelanggan, pembuatan tagihan, dan membantu pencatatan update tagihan. Setiap aktivitas tersebut harus sesuai dengan prosedur perusahaan mulai dari dokumen yang terkait sampai dengan pengiriman yang dilakukan. Tujuan magang ini adalah untuk menganalisis evaluasi pengendalian internal piutang JW Marriott dengan melakukan observasi lansung dan wawancara dengan pihak terkait. Pemagang akan melakukan observasi dan mempelajari prosedur bagaimana munculnya piutang sampai pada proses penagihannya. Evaluasi juga diberikan kepada sistem penagihan piutang JW Marriott yang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, pengendalian internal, piutang, pengendalian, dan sistem informasi akuntansi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:57
Last Modified: 19 Feb 2016 07:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item