Sistem ticketing pada kereta api dengan menggunakan kartu magnetik

Fajar, Andri Febrianto (2007) Sistem ticketing pada kereta api dengan menggunakan kartu magnetik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kereta api merupakan sarana transportasi dengan tiket sebagai alat pembayaran jasanya. Sistem ticketing pada kereta api akan menyesuaikan ongkos tarif sesuai dengan jauhnya jarak antar stasiun yang ditempuh. Dengan sistem ini, tiket yang semula dari kertas, yang hanya sekali pakai, dapat diganti dengan kartu magnetik sehingga dapat menggurangi sampah penggunaan kertas. Sistem ticketing merupakan sistem yang mengelola database penumpang pengguna jasa kereta api. Segala aktifitas penumpang yang hendak naik, turun, mengecek dan mengisi saldo menggunakan kartu yang telah terdaftar dikelola oleh Personal Computer. Tujuan dari diciptakannya alat ini adalah untuk memudahkan penumpang pengguna jasa kereta api sehingga dapat melakukan perjalanan rutin tanpa memesan tiket secara berulang-ulang. Selain itu alat ini juga membantu pengelola jasa layanan kereta api untuk menggunakan sistem yang lebih efektif dan efisien. Bagi penumpang dengan mobilitas yang selalu menggunakan jasa transportasi kereta api atau rutinitasnya padat maka kartu magnetik dapat diisi ulang melalui counter -counter yang tersedia di setiap stasiun. Sehingga penumpang tidak perlu repot-repot memesan dan mengantri membeli tiket untuk rutinitas sehari-harinya. Pada pengujian yang dilakukan pada alat ini fungsi Magnetic Stripe Reader (MSR) sebagai user (penumpang) yang hendak naik ke kereta, motor penggerak pintu masuk dapat terbuka ketika kartu user valid (telah terdaftar). Untuk fungsi MSR sebagai user(penumpang) yang hendak turun dari kereta, motor penggerak pintu keluar dapat terbuka ketika kartu user valid (telah terdaftar) dan saldonya mencukupi atas perjalanan yang telah dilalui. Untuk fungsi MSR sebagai user (penumpang) yang hendak mengecek saldonya, saldo muncul beserta masa aktif (berlakunya) ketika kartu user valid (telah terdaftar). Untuk fungsi MSR sebagai user (penumpang) yang hendak mengisi saldonya, operator dapat menambah isi saldo ketika kartu user valid (telah terdaftar) dan menambah voucher baru untuk user baru. Hasil pengujian error 3% tetjadi karena sliding sudah dikirim namun data tidak ditampilkan. Hal ini dapat diatasi dengan memutus komunikasi serial dan mereset sehingga kondisi kembali seperti semula. Berdasarkan hasil pengujian cara kerja alat dengan persentase keberbasilan 97% maka sistem berjalan dengan baik. Diharapkan dengan digunakannya alat ini sebagai sarana penujang sistem transportasi, pengguna kereta api menjadi Iebih tertarik dalam memakai kereta api sebagai sarana mobilitasnya dengan fasilitas sistem yang tersedia dan memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 07:53
Last Modified: 10 Mar 2016 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item