Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan permainan kartu untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B di SMPK Angelus Custos II Surabaya”.

Saing, Klemens Petrik (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan permainan kartu untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B di SMPK Angelus Custos II Surabaya”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SMP Katolik Angelus Custos II, diketahui bahwa kelas VII B yang terdiri dari 32 siswa, mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran Fisika. Mereka kurang mampu untuk menguasai materi Fisika yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan Fisika siswa yang terakhir. Hanya 38 % siswa yang memenuhi SKM (Standart Ketuntasan Minimum). Pembelajaran kelas dikatakan tuntas apabila siswa memenuhi SKM yaitu nilai ≥ 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan permainan kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, mulai bulan Oktober 2011 sampai dengan Desember 2011. Jumlah siswa 32 orang. Data dianalisis secara deskriptif, dimulai dari pembuatan tabel, menentukan siswa yang tuntas dan tidak tuntas, menghitung rata-rata, mencari persentase, dan pemaknaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dari keadaan awal 48% menjadi 81%. Disamping itu, terjadi juga peningkatan keaktifan siswa hingga menjadi 78%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, permainan kartu, hasil belajar.
Subjects: Communication Science
Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:37
Last Modified: 06 Jan 2015 04:37
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item