Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keinovatifan produk, ekuitas merek perusahaan, dan kinerja pemasaran ukm industri mebel di Pasuruan - Jawa Timur

Wahyudi, Sandy (2013) Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keinovatifan produk, ekuitas merek perusahaan, dan kinerja pemasaran ukm industri mebel di Pasuruan - Jawa Timur. PhD thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Semakin tingginya jumlah ekspor mebel dari China ternyata cukup menyulitkan pengusaha UKM mebel di Indonesia. Kinerja pemasaran merupakan salah satu kendala utama yang harus dihadapi setiap pengusaha agar mampu meningkatkan daya saing. Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis beberapa variabel yang mempengaruhi kinerja pemasaran, di antaranya adalah orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, keinovatifan produk, dan ekuitas merek perusahaan. Masing-masing variabel dibentuk oleh beberapa indikator, di antaranya adalah Orientasi kewirausahaan dibentuk oleh keproaktifan, keinovatifan, dan pengambilan resiko. Orientasi pasar dibentuk oleh orientasi pelanggan, orientasi kompetitor, dan koordinasi lintas fungsional. Keinovatifan produk dibentuk oleh kebaruan produk bagi perusahaan, kebaruan pasar bagi perusahaan, superioritas produk bagi pelanggan, dan kesulitan adopsi bagi pelanggan. Ekuitas merek perusahaan dibentuk oleh pengenalan merek, ingatan merek, atribut merek, dan manfaat merek. Sedangkan Kinerja pemasaran dibentuk oleh kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan retensi pelanggan. Studi ini menggunakan metode proportional random sampling. Sampel diambil dari populasi studi, yakni seluruh UKM mebel yang ada di Pasuruan. Sampel diambil secara proporsional sesuai jumlah UKM mebel yang terbagi di tiap wilayah kecamatan. Data primer dikumpulkan dengan wawancara langsung untuk mendapatkan persepsi responden terhadap setiap pertanyaan yang ada dalam kuesioner. Satu data diadik diperoleh dari gabungan persepsi sepasang responden, yakni seorang pengusaha mebel dan seorang pelanggannya. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan construct validity, dan disebut sahih (valid) jika koefisien korelasinya positif dan lebih besar dari 0,50. Uji reliabilitas dilakukan dengan construct reliability, dan dikatakan reliabel apabila memiliki nilai construct reliability lebih besar dari 0,70. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis jalur (path analysis) dan model persamaan struktural (structural equation modeling). Program statistik yang digunakan untuk analisis data adalah AMOS 18. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada semua variabel yang hasilnya valid dan reliabel, data berdistribusi normal multivariat, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak ada outlier, maka uji variabel tersebut dilanjutkan dalam analisis dengan bentuk path diagram. Nilai masing-masing uji model struktural seperti Chi-square, significance probability, RMSEA, GFI, AGFI, CMIN/DF, TLI, dan CFI semua nilainya berada di atas cut-off value yang diharapkan. Uji kesembilan hipotesis didukung secara signifikan oleh hasil penelitian. Kesimpulan pokok yang dapat ditarik dari studi ini adalah orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja pemasaran UKM mebel di Pasuruan. Seorang pengusaha yang memiliki orientasi kewirausahaan akan mampu melihat peluang pasar dengan baik, mampu berinovasi dalam produk dan meningkatkan kualitas komunikasi pemasaran secara terus-menerus.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: UKM Mebel, strategi pemasaran, structural equation modeling
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 10 Mar 2016 04:50
Last Modified: 10 Mar 2016 04:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item