Pengaruh pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan pada keputusan transfer pricing di perusahaan dagang dan maufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014

Brilianty, Theresa (2015) Pengaruh pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan pada keputusan transfer pricing di perusahaan dagang dan maufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Transfer pricing merupakan fenomena yang sering dilakukan oleh perusahaan multinasional. Motivasi utamanya adalah dalam hal perpajakan. Bagi perusahaan global transfer pricing menjadi salah satu strategi efektif dalam memenangkan persaingan dalam memperebutkan sumber daya yang terbatas (Santoso : 2004). Motivasi lain adalah untuk meningkatkan kompensasi manajemen yang ditentukan berdasarkan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Manajemen berupaya untuk meningkatkan kompensasi salah satu caranya dengan keputusan transfer pricing. Selanjutnya ukuran perusahaan yang membuat manajemen lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk memberi bukti empiris serta menganalisis pengaruh pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing. Pajak diproksikan dengan ETR (Effective Tax Rate), mekanisme bonus menggunakan proksi log total bonus yang dibagikan kepada manajemen, serta ukuran perusahaan yang diproksikan dengan log total aset. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan dagang dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapat dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan. Berdasarkan teknik purposive sampling, sampel yang diperoleh adalah 48 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak dan mekanisme bonus berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhdap keputusan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, transfer pricing
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 2961 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:24
Last Modified: 14 Mar 2016 04:24
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item