Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian filling cabinet pada PT .Tjakrindo Mas Surabaya

Wibisono, Ulung (2001) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian filling cabinet pada PT .Tjakrindo Mas Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Sekolah diharuskan untuk dapat meningkatkan kualitas sekolahnya. Untuk itu, harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas serta sistem, prosedur, kebijakan, dan struktur organisasi yang baik. SMA Katolik Diponegoro Blitar merupakan salah satu sekolah swasta di mana memiliki tiga siklus dalam kegiatan operasional sekolahnya yang meliputi: siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus persediaan dan aktiva tetap. Kegiatan di dalam siklus pengeluaran lebih kompleks dibandingkan dengan siklus pendapatan, persediaan, dan aktiva tetap. Hal ini memunculkan risiko yang lebih besar di mana dapat menjadi kendala bagi sekolah khususnya pada siklus penggajian dan pembeliannya.Oleh karena itu, diperlukan analisis dan desain sistem informasi akuntansi atas siklus penggajian dan pembelian untuk sekolah ini. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis serta mendesain sistem informasi akuntansi atas siklus penggajian dan pembelian dalam upaya meningkatkan pengendalian intern sekolah. Data yang digunakan berupa data kualitatif yang diperoleh dari intern sekolah. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis kualitatif dengan tahap menganalisis dan mendesain sistem informasi akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam sistem pengendalian intern di sekolah tersebut terkait dengan sistem dan prosedur penggajian dan pembelian. Kelemahannya antara lain adanya prosedur yang kurang efektif, terlalu banyaknya rangkapan dalam dokumen, otorisasi transaksi yang tidak efektif, catatan akuntansi yang masih dilakukan secara manual, serta tidak adanya pembatasan akses ke computer. Hal ini menjadikan sistem lama tersebut perlu diperbaiki untuk menghindari penyimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian flling cabinet pada PT Tjakrindo Mas Surabaya. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama bulan September 2000. Penelitian dilakukan untuk memperoleh data-data yang akan digunakan dalam pembahasan masalah ini. Obyek penelitian adalah faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan pada PT Tjakrindo Mas Surabaya yang berlokasi di Jalan Tanjung Sari 5 Surabaya. Bentuk rancangan penelitian ini adalah penelitian survey melalui instrumen kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi konsumen, digunakan Scala Likert, untuk menghitung seberapa besar persentase variasi dalam variable terikat yang dapat dijelaskan oleh variasi dalam variabel bebas digunakan uji R2, untuk mengetahui apakah semua variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat digunakan uji F dan untuk mengetahui apakah variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat digunakan uji t. Dari hasil analisa diketahui bahwa semua faktor internal yang meliputi motivasi, persepsi, sikap memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung > t tabel. Faktor internal yang paling besar kontribusinya adalah motivasi. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung = 6,916 > t tabel = 1,98. Faktor eksternal yang meliputi keluarga dan kelompok referensi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung > t tabel. Sedangkan faktor kelas sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Faktor eksternal yang paling besar kontribusinya adalah faktor keluarga. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung = 3,273 > t tabel = 1,98. Dari keenam variabel bebas tersebut, ternyata yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah motivasi. Jadi sesuai dengan hipotesis yang dikemukakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:57
Last Modified: 21 Feb 2017 02:58
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item