Pembuatan media pembelajaran Fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan Hukum Kirchhoff

Simbolon, Marliston (2015) Pembuatan media pembelajaran Fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan Hukum Kirchhoff. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fisika sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Fisika tidak hanya membutuhkan penjelasan teori secara lengkap sehingga untuk memahami pelajaran fisika dibutuhkan keterampilan matematika, imajinasi dan implementasi dari teori- teori fisika. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan media pembelajaran yang dapat dengan mudah digunakan untuk memperjelas pemahaman terkait materi yang dijelaskan. Media berbasis komputer digunakan untuk pelajaran fisika khususnya Hukum Kirchhoff. Sebagian besar Sekolah Menengah Atas (SMA) belum pernah melakukan praktikum Hukum Kirchhoff karena sekolah tidak mempunyai alat praktikum dan keterbatasan waktu untuk melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran fisika berbasis komputer yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan pemahaman konsep pada Hukum Kirchhoff. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Metode yang dikembangkan adalah media pembelajaran fisika berbasis komputer dalam sub pokok bahasan Hukum Kirchhoff. Media ini telah melalui uji ahli dalam hal materi dan tampilan media pembelajaran. Program ini diuji cobakan pada 29 siswa SMA (pengguna). Berdasarkan respon pengguna melalui kuesioner pada uji lapangan bahwa 93,0 % dari siswa menyatakan bahwa media pembelajaran fisika ini menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Berbasis Komputer, Hukum Kirchhoff
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:06
Last Modified: 12 Jul 2016 03:06
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item