Pengembangan permainan monopoli sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor di smp

Padmasari, Paula Kristi (2015) Pengembangan permainan monopoli sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor di smp. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fisika merupakan mata pelajaran yang mempelajari sifat fisik benda yang dapat diamati, seperti misalnya gerak, perubahan \Vlljud, dan sebgainya. Pembelajaran Fisika tanpa menggunakan media pembelajaran cenderung membosankan, sehingga antusias dan minat siswa untuk mempelajari Fisika berkurang. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat, siswa lebih cenderung untuk bennain daripada belajar. Hal ini membuat siswa sibuk bennain dengan gadget nya sendiri sehingga interaksi siswa dengan lingkungan berkurang. Aplikasi pennainan yang ditawarkan beranekaragam, salah satunya pennainan Let's Get Rich yang bertemakan pennainan monopoli. Permainan ini tergolong cukup populer di kalangan masyarakat khususnya siswa SMP. Peneliti.an ini bertujuan mengadaptasi pennainan monopoli menjadi media pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor. Metode peneliti.an yang digunakan adalah metode peneliti.an dan pengembangan, yaitu suatu metode yang berorientasi pada produk yang akan digunakan untuk menyelesaikan pennasalahan pembelajaran. Hasil peneliti.an ini berupa pennainan monopoli lengkap dengan kartu soal dan jawaban yang membahas materi kalor dalam kurikulum SMP serta penerapan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Media yang dikembangkan telah melalui validasi ah1i dengan hasil baik. Media pembelajaran ini juga telah melalui uji lapangan oleh siswa dan guru Fisika SMPN 2 Kwadungan, Kabupaten Ngavvi. Berdasarkan tanggapan pada kuesioner yang diisi oleh pengguna diperoleh data bahwa 94,71% pengguna menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan untuk belajar fisika sangat menarik. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan dalam bentuk pennainan monopoli ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pennainan monopoli, kalor
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:11
Last Modified: 15 Jul 2016 02:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7217

Actions (login required)

View Item View Item