Analisis penetapan tarif sewa kamar dan ruang pertemuan pada Hotel Royal Regal Surabaya dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC)

Setiawati, Fanny (2010) Analisis penetapan tarif sewa kamar dan ruang pertemuan pada Hotel Royal Regal Surabaya dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia yang sedang dikembangkan oleh pemerintah sebagai salah satu penghasil devisa bagi negara yang juga digunakan pemerintah untuk menjalin kerjasama dengan negara lain. Terlihat dari semakin banyaknya turis mancanegara yang berkunjung untuk berwisata di Indonesia. Hal ini juga perlu ditunjang dengan prasarana dan sarana yang memadai untuk para wisatawan, salah satunya sarana akomodasi berupa hotel sebagai tempat tinggal sementara. Banyak pengusaha hotel yang bersaing untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dengan berbagai cara, salah satunya dengan penetapan kebijakan harga bagi tarif sewa kamar dan ruang pertemuannya. Penetapan tarif yang kurang akurat dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Hotel Royal Regal dalam menentukan tarifnya hanya melihat dari kondisi pesaingnya, oleh karena itu perlu menggunakan metode Activity Based Costing untuk menentukan tarif sewa kamar dan ruang pertemuannya sehingga didapatkan tarif sewa yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan penetapan tarif sewa kamar dan ruang pertemuan dengan menggunakan metode Activity Based Costing pada Hotel Royal Regal Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan data-data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dengan cara observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan perhitungan harga pokok sewa kamar dengan metode ABC yang didasarkan pada aktivitas yang terjadi di Hotel Royal Regal Surabaya dapat menghasilkan harga pokok sewa yang akurat sehingga tarif sewa yang ditetapkan menjadi tepat dan pihak manajemen hotel dapat menetapkan kebijakan harga yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Aktivitas pada kamar dan ruang pertemuan, activity driver, cost pool, Activity Based Costing
Subjects: Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: EK Lengkonosari PN
Date Deposited: 21 Jan 2015 02:46
Last Modified: 23 Jan 2015 03:52
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item