Leverage operasi, dan perencanaan bonus sebagai faktor pendorong terjadinya perataan laba (income smoothing) serta dampaknya terhadap kinerja saham

Setiowati, Ruth (2004) Leverage operasi, dan perencanaan bonus sebagai faktor pendorong terjadinya perataan laba (income smoothing) serta dampaknya terhadap kinerja saham. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan (l) informasi yang berguna dalam keputusan investasi dan kredit, (2) informasi yang berguna dalam menilai prospek arus kas, dan (3) informasi mengenai sumber daya perusahaan, klaim terhadap sumber daya itu, dan perubahan dalam sumber daya tersebut. Laba memiliki potensi infonnasi yang sangat penting bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan. Untuk dapat mempertahankan agar laba perusahaan tetap tinggi, manajemen berusaha untuk melakukan berbagai tindakan untuk mempertahankannya. Salah satu dari tindakan manajemen tersebut adalah melakukan perataan laba. Perataan laba (income smoothing) dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor leverage operasi dapat mempengaruhi perataan laba, karena secara logis leverage terkait langsung dengan obyek perataan laba, dimana untuk menjaga agar faktor leverage operasi rendah maka manajemen berusaha untuk melakukan perataan laba. Perataan laba juga dapat dipengaruhi oleh perencanaan bonus. Untuk dapat memperoleh nilai bonus yang tinggi maka manajemen akan melakukan perataan laba untuk menstabilkan nilai bonus yang diterima. Faktor lainnya adalah nilai pasar saham. Nilai pasar saham merupakan pasar aktiva perusahaan yang merefleksikan shareholder, untuk dapat mempertahankan nilai saham agar tetap tinggi maka mendorong manajemen akan melakukan perataan laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2015 01:17
Last Modified: 10 Feb 2015 01:25
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item