Perlindungan konsumen dalam Transaksi berbasis E-commerce

Alfon Chandra H., . (2009) Perlindungan konsumen dalam Transaksi berbasis E-commerce. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
bab 4.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi terutama dengan keberadaan internet membuat ada perkembangan dalam transaksi bisnis. Internet dapat digunakan untuk mempermudah transaksi yang dikenal sebagai e-commerce, yaitu penjual dan pembeli dapat melakukan hubungan jual-beli melalui media internet tanpa harus bertemu secara fisiko. Perkembangan e-commerce menghasilkan kenyataan bahwa konsumen sering menjadi pihak yang dirugikan. Pertemuan di media internet dengan transaksi berbasis e-commerce membuat konsumen seringkali tidak mendapatkan produk yang dibeli padahal sudah membayar, produk yang tidak sesuai dengan gambar yang ditawarkan perusahaan atau bahkan kehilangan uang oleh penjahat di media internet yang dikenal dengan hacker, dan masih banyak lagi hal-hal yang merugikan konsumen. Hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja dan harus dilakukan perlindungan terhadap konsumen dalam transaksi berbasis e-commerce. Perlindungan konsumen dalam transaksi berbasis e-commerce hendaknya dilakukan perusahaan sebagai produsen dengan melakukan kegiatan bisnis yang sesuai nilai-nilai etika. Konsumen juga harus aktif untuk mencari informasi tentang transaksi dengan berbasis pada e-commerce yang aman untuk melindungi kepentingan yang dimiliki. Pada sisi yang lain dukungan pemerintah juga dibutuhkan untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen dalam transaksi berbasis pada e-commerce. Upaya perlindungan konsumen dalam transaksi berbasis pada e-commerce yang bertolak pada perusahaan, konsumen, dan pemerintah menghasilkan tuntutan bagi perusahaan untuk menjalankan kegiatan bisnis yang memenuhi nilai-nilai etika, bagi konsumen untuk meningkatkan kemampuan memilih perusahaan sebagai mitra transaksi berbasis pada e-commerce, dan bagi pemerintah untuk menetapkan aturan tentang perlindungan konsumen dalam transaksi berbasis pada e-commerce serta pengembangan berbagai lembaga penjamin atau asuransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, transaksi berbasis e-commerce
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2015 01:25
Last Modified: 10 Feb 2015 01:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item