Pengaruh karakter dan psikografis konsumen terhadap komunikasi efektif sepeda motor merek Honda

Julius, Irvan (2016) Pengaruh karakter dan psikografis konsumen terhadap komunikasi efektif sepeda motor merek Honda. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)

Abstract

Perkembangan dan persaingan antar produk sepeda motor semakin ketat. Honda terus meningkatkan kualitas dan memberi inovasi yang tiada habisnya terhadap produk yang dibuatnya. Adanya perbedaan karakter dan psikografis konsumen di Indonesia yang beraneka ragam membuat Honda harus memiliki strategi komunikasi yang efektif untuk mempengaruhi konsumen. Dengan permasalahan ini, timbul sebuah gagasan untuk mengindentifikasi karakter dan psikografis yang mempengaruhi seseorang untuk memilih motor jenis matic atau sport serta mengidentifikasi cara melakukan komunikasi yang efektif kepada pengguna sepeda motor masing-masing jenis tersebut. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner dengan skala likert. Responden pada penelitian ini adalah pengguna sepeda motor matic dan sport di Surabaya. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis Deskriptif, Cluster, Crosstab, dan Diskriminan. Hasil yang didapat bahwa pemilihan jenis sepeda motor matic dipengaruhi oleh karakter dan psikografis konsumen yang mengutamakan harga dalam membeli suatu produk. Ciri karakter dan psikografis tersebut sesuai dengan ciri cluster 1 yakni pengguna sepeda motor matic. Pemilihan jenis sepeda motor sport dipengaruhi oleh karakter dan psikografis konsumen yang senang mencoba hal-hal baru. Ciri karakter dan psikografis tersebut sesuai dengan ciri cluster 2 yakni pengguna sepeda motor sport. Cluster 2 mempunyai antusiasme yang lebih tinggi daripada Cluster 1 dalam hal penerimaan media komunikasi yang dilakukan oleh Honda. Dilihat dari segmentasi produk yang dilakukan oleh Honda, pengguna sepeda motor sport lebih mementingkan akselerasi dan kecepatan yang tinggi pada sepeda motor, sedangkan pengguna sepeda motor matic lebih mementingkan segmentasi promosi yaitu acara lomba yang dilakukan oleh pihak Honda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Honda, Karakter Konsumen, Psikografis Konsumen, Cluster, Diskriminan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 3190 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 05:01
Last Modified: 01 Aug 2016 05:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7586

Actions (login required)

View Item View Item