Pengaruh tayangan iklan televisi terhadap brand image rokok Marcopolo di kalangan mahasiswa Unika Widya Mandala Surabaya

Yohanes, Alberto (2001) Pengaruh tayangan iklan televisi terhadap brand image rokok Marcopolo di kalangan mahasiswa Unika Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Tayangan lklan Terhadap Brand Image Rokok Marcopolo di Kalangan Mahasiswa Unika Widya Mandala Surabaya. Alasan pemilihan judul ini adalah karena konsumen saat ini dihadapkan pada banyak pilihan merek untuk satu macam barang yaitu rokok. Untuk itu perusahaan rokok berusaha bersaing dalam memperebutkan pangsa pasar yang ada, dengan berusaha menanamkan citra merek yang baik dibenak konsumen. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan iklan rokok Marcopolo terhadap Brand Image rokok Marcopolo di kalangan mahasiswa Unika Widya Mandala Surabaya. Populasi yang diamati adalah lingkungan mahasiswa Unika Widya Mandala kampus Dinoyo Surabaya, dengan sampel yang diambil adalah sebesar seratus orang dengan alat pengambilan data berupa kuesioner. Setelah diteliti lagi dari seratus orang yang dijadikan sampel ini tidak semuanya valid, sehingga jumlah sampel yang bisa dijadikan data untuk diteliti adalah delapan puluh empat orang. Alat analisa yang dipergunakan adalah metode statistik dengan bantuan program komputer SPSS, metodenya meliputi mean, standar deviasi, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Rata-rata hitung dari pernyataan mengenai iklan televisi adalah sebesar 4,63 dengan deviasi standar sebesar 1,14. Sedangkan rata-rata hitung dari penyataan mengenai brand image adalah sebesar 4,63 dengan standar deviasi sebesar 1,58. Persamaan regresi linier adalah sebagai berikut: Y= 0,833+0,82IX, artinya bila persepsi konsumen terhadap iklan adalah 0 maka citra merek adalah sebesar 0,833. Sedangkan kecenderungan Y terhadap X adalah sebesar 0,821. Dalam hal ini hubungan yang terjadi adalah positif Koefisien determinasi berganda sebesar 0,614 artinya variasi variabel dependen (citra merek) dipengaruhi oleh variabel independen (iklan televisi) sebesar 61,4% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Koefisien korelasi berganda adalah sebesar 0,784, hal ini menunjukkan hubungan yang terjadi antar variabel sebesar 78,4 % maka hubungan ini adalah positif dan kuat. Nilai t hitung untuk iklan televisi adalah sebesar 11,424 dengan diperoleh tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05 maka Ho ditolak secara signifikan. Dari hasil olahan data dapat disimpulkan bahwa iklan te1evisi yang baik sangat besar pengaruhnya terhadap brand image produk, untuk itu dalam mengkomunikasikan suatu produk lewat iklan harus diusahakan suatu iklan yang menarik, pintar, serta kreatif sehingga mudah diingat serta menimbulkan citra merek yang baik dengan demikian penjualan akan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3017 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2016 10:55
Last Modified: 20 Dec 2016 04:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item