Komunikasi ibu dan anak serta tingkat pendidikan ibu dalam memprediksi kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak

Susilo, Johannes Dicky (2015) Komunikasi ibu dan anak serta tingkat pendidikan ibu dalam memprediksi kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak. In: Prosiding Seminar Nasional Psikologi Educational WellBeing, 20 Agustus 2015, Kudus, Jawa Tengah.

[img]
Preview
Text (Komunikasi ibu dan anak serta tingkat pendidikan ibu dalam memprediksi kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak)
KOMUNIKASI IBU-ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN IBU DALAM MEMPREDIKSI KESIAPAN BERSEKOLAH ANAK TAMAN KANAK-KANAK .pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Kesiapan bersekolah sangat dibutuhkan bagi seorang anak untuk memasuki pendidikan dasar. Kurangnya kesiapan bersekolah dapat mengakibatkan anak kesulitan berdaptasi dengan lingkungan sekolah. Orangtua sebagai lingkungan terdekat dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan bersekolah anak memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesiapan bersekolah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi ibu dengan anak dan tingkat pendidikan ibu mempengaruhi kesiapan bersekolah dari 100 anak TK. Metode yang digunakan adalah metode survey dan alat ukur yang digunakan adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST), skala komunikasi orangtua dan anak. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan: (1) komunikasi ibu-anak dan tingkat pendidikan ibu dapat menjadi prediktor bagi kesiapan bersekolah anak dengan sumbangan efektif sebesar 37%; (2) pengaruh komunikasi ibu-anak terhadap kesiapan bersekolah anak lebih tinggi dibanding tingkat pendidikan ibu terhadap kesiapan bersekolah anak. Kata kunci: kesiapan bersekolah, komunikasi, dan tingkat pendidikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-1180-20-4
Uncontrolled Keywords: Kesiapan bersekolah, komunikasi, dan tingkat pendidikan
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding
Depositing User: Mr. Johannes Dicky Susilo
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:59
Last Modified: 24 Oct 2018 04:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item