Kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak dan komunikasi ibu-anak

Susilo, Johannes Dicky and Gabrielle, Yessyca Diana (2015) Kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak dan komunikasi ibu-anak. In: Seminar Nasional Positive Psychology 2015 "Embracing A New Way of Life: Promoting Positive Psychology for a Better Mental Health", 12 Desember 2015, Surabaya, Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Kesiapan bersekolah anak taman kanak-kanak dan komunikasi ibu-anak)
Kesiapan Bersekolah anak TK (Dicky & Yessyca)1.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Sebelum memasuki pendidikan dasar (Sekolah Dasar) seorang anak harus memiliki kesiapan bersekolah. Anak yang memiliki kesiapan bersekolah akan memiliki banyak keuntungan sehingga dapat mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik. Dalam hal ini orangtua dapat memainkan peranannya secara optimal sebagai lingkungan terdekat dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan bersekolah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi orangtua dan anak mempengaruhi kesiapan bersekolah anak TK. Subjek penelitian ini adalah 26 anak TK tingkat B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan alat ukur yang digunakan adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) dan skala komunikasi orangtua dan anak. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa komunikasi orangtua-anak dapat menjelaskan kesiapan bersekolah anak sebesar 34,2%, dan persamaan regresi yang terbentuk dapat digunakan untuk memprediksi kesiapan bersekolah anak (F (1,24)= 12,464; p=0,002 ). Kata kunci: kesiapan bersekolah, komunikasi orangtua dan anak

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-979-17880-1-4
Uncontrolled Keywords: kesiapan bersekolah, komunikasi orangtua dan anak
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding > Faculty of Psychology
Depositing User: Mr. Johannes Dicky Susilo
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:52
Last Modified: 24 Oct 2018 04:27
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item View Item