Ramadhan, Mochamad Fadhal (2016) Penerapan pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Kartika IV-3 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di Kelas XI-IPA 1 SMA KARTIKA IV-3 Surabaya, diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran fisika dan hasil belajar siswa belum maksimal. Hasil ulangan harian pada materi sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata kelas 71,1 dan prosentase ketuntasan 51,6%. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran tipe NHT pada pokok bahasan fluida statis dipilih untuk mengatasi permasalahan di kelas tersebut. Indikator keberhasilan ditetapkan meliputi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ≥ 80%; rata-rata kelas ≥ 75; prosentase ketuntasan siswa ≥ 75 % dan prosentase siswa termotivasi ≥ 75%. Untuk mencapai indikator keberhasilan PTK memerlukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus I prosentase keterlaksanan RPP 96,3%, prosentase siswa termotivasi adalah 74,4%, nilai rata-rata kelas 76,1 dengan prosentase ketuntasan siswa 77,4%. Pada akhir siklus II, prosentase keterlaksanan RPP 94,4%, prosentase siswa termotivasi adalah 83,9%, nilai rata-rata kelas 79 dengan prosentase ketuntasan 83,9%. Dengan demikian penerapan pembelajaran tipe NHT di kelas XI-IPA1 SMA Kartika IV-3 Surabaya berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, motivasi, hasil belajar, NHT, fluida statis |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 3274 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 03:49 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 03:49 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7841 |
Actions (login required)
View Item |