Orientasi pasar dan strategi fleksibel dalam persaingan pasar yang super ketat

Ekawati, Novi Dewi (2009) Orientasi pasar dan strategi fleksibel dalam persaingan pasar yang super ketat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi dan perkembangan teknologi membuat keadaan pasar menjadi berubah. Kekuatan penawaran dan permintaan menjadi terbalik, penawaran yang semula lebih kuat dari permintaan menjadi lebih lemah. Banyaknya perusahaan yang ada di pasar membuat produk yang tersedia di pasar semakin banyak sehingga bukan konsumen yang mencari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan akan suatu produk tapi perusahaan yang mencari konsumen untuk menjual produk yang dihasilkan. Konsumen memiliki kesempatan untuk memilih, belum lagi dengan kemudahan untuk mendapatkan informasi serta perpindahan membuat konsurnen menjadi pihak yang harus diprioritaskan oleh pemasar perusahaan. Hal ini mendorong tejadinya persaingan pasar yang super ketat. Hasil pemhahasan dapat dibuat beberapa simpulan antara lain: (1) Orientasi pasar dalam persaingan pasar yang super ketat dengan cara membuat sistem yang dirancang untuk membantu manajemen dengan cepat dalam membuat, menentukan strategi, melalui usaha menciptakan visi strategi. Keputusan suatu strategi yang dirumuskan akan menunjukkan daya kekuatan, perubahan atau proses dari terbentuknya strategi, (2) Strategi fleksibel membantu pemasar dalam persaingan pasar yang super ketat melalui strategi bersifat jangka pendek dan jangka panjang. Bersifat jangka pendek yaitu dengan menerapkan harga murah yang dapat memberikan keuntungan dalam bersaing. Sedangkan strategi jangka panjang adalah bila perusahaan lebih mengedepankan service quality, sebab pelayanan tidak bisa langsung ditiru oleh pesaing, tetapi dirasakan oleh pelanggan dan (3) Peran riset pasar dalam mengaplikasikan orientasi pasar dan strategi fleksibel dalam persaingan pasar yang super ketat diperlukan informasi yang dibutuhkan dalam mengidentifikasi pesaing antara lain (a) apa yang pesaing sedang kerjakan dan dapat dikerjakan. Atas dasar beberapa analisis keunggulan, informasi yang kuantitatif dan faktual mengenai apa yang pesaing mampu lakukan dan (b) apa yang dipunyai atau dimiliki, apa yang sedang dilakukan dan apa hasilnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persaingan pasar super ketat, orientasi pasar, riset pasar dan strategi fleksibel.
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Sukristin
Date Deposited: 08 Jan 2015 03:55
Last Modified: 25 Feb 2015 05:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item