Pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Limantara, Mira (2009) Pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Di dalam suatu perusahaan antara pemilik modal dan manajemen kebanyakan terjadi konflik kepentingan, dimana manajemen dan pemilik masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Konflik kepentingan menjadi semakin meningkat karena pemilik tidak dapat memonitor aktivitas manajemen untuk memastikan bahwa manajemen telah bekerja sesuai dengan keinginan pemegang saham. Hal tersebut dapat dilakukan oleh manajemen karena terdapat asimetri informasi dalam suatu perusahaan, dimana manajemen mempunyai lebih banyak informasi mengenai kapasitas diri, lingkungan kerja dan perusahaan dari pada pemilik modal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh asimetri informasi terhadap manajemen laba dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba dengan menggunakan data laporan keuangan yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang sudah go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2006. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling method yang berjumlah 52 perusahaan manufaktur yang memenuhi beberapa kriteria. Periode pengamatan penelitian ini adalah tahun 2005 dan tahun 2006. Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen laba karena memiliki nilai thitung (2,473328) lebih besar dari ttabel (1,980) atau nilai signifikansi di bawah 5% yaitu 0,0177 atau 1,7%. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba karena memiliki nilai thitung (1,003566) lebih kecil dari ttabel (1,980) atau nilai signifikansi di atas 5% yaitu 0,3216 atau 32,16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Asimetri informasi, ukuran perusahaan, manajemen laba
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 07 Jan 2015 05:21
Last Modified: 07 Jan 2015 05:21
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item