Pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Gesiraja, Viendania Mercyanna Bela (2016) Pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Strategi diversifikasi merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat masuk ke dalam baris baru sebagai perluasan bisnis, baik perluasan barang dan jasa maupun perluasan pasar. Perluasan tersebut dapat berkaitan dengan usaha maupun tidak berkaitan dengan usaha. Tujuannya untuk dapat memaksimalkan laba perusahaan dalam jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja dan perbedaan kinerja antara perusahaan yang melakukan diversifikasi berkaitan (related diversification) dengan perusahaan yang melakukan diversifikasi tidak berkaitan (unrelated diversification). Sampel ini menggunakan 44 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014. Dari 44 perusahaan manufaktur, 34 perusahaan merupakan perusahaan diversifikasi berkaitan dan 10 perusahaan merupakan perusahaan diversifikasi tidak berkaitan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria judgment sampling. Uji yang digunakan diantaranya regresi linier berganda dan uji beda Mann Whitney. Hasilnya menunjukkan bahwa perusahaan diversifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan diantara perusahaan yang melakukan diversifikasi berkaitan maupun tidak berkaitan tidak terjadi perbedaan kinerja. Hal ini disebabkan karena baik diversifikasi berkaitan maupun tidak berkaitan perusahaan sama-sama perlu untuk melihat pangsa pasar, karakteristik dari produk, karakteristik dari proses produksinya, dan dari segi iklim regulasinya (perbankan dan asuransi), sehingga meskipun perusahaan membagi strateginya (diversifikasi berkaitan maupun tidak berkaitan) perusahaan sama-sama mempunyai satu tujuan, yaitu meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi, diversifikasi berkaitan, diversifikasi tidak berkaitan, kinerja
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3350 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:45
Last Modified: 11 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item