Studi komparatif tentang sumber pesan dan usaha menanamkan citra produk hand body lotion Moistra pada konsumen di Surabaya

Riang, Ribka (2000) Studi komparatif tentang sumber pesan dan usaha menanamkan citra produk hand body lotion Moistra pada konsumen di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Secara teoritik, satu hal yang perlu dipertimbangkan secara serius oleh seorang manajer dalam melakukan proses komunikasinya yaitu jenis sumber pesan yang digunakan dalam menyampaikan pesan iklannya. Jenis sumber pesan yang digunakan dalam menyampaikan pesan tersebut sangat berpengaruh membantu badan usaha dalam menanamkan citra produknya. Jenis-jenis sumber pesan tersebut adalah celebrity (selebriti), non celebrity (orang biasa), karakter khusus yang diciptakan untuk produk, orang-orang yang mewakili suatu gaya hidup tertentu atau sumber tanpa nama (hanya suara saja). Sumber yang menyampaikan pesan harus disesuaikan dengan citra produk yang diinginkan oleh badan usaha. Kesesuaian antara sumber pesan dengan citra produk merupakan ukuran keberhasilan suatu pesan lk1an yang disampaikan. Secara praktek, produsen hand body lotion Moistra (PT. Konimex) menggunakan celebrity (selebriti) sebagai sumber pesan dalam proses komunikasi yang dilakukan untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar hand body lotion. Proses komunikasi yang dilakukan oleh produsen hand body lotion Moistra ternyata cukup berhasil karena sumber pesan yang digunakan, dalam hal ini Sophia Latjuba sesuai dengan citra produk yang disampaikan. Kepopuleran sumber pesan sangat membantu dalam menanamkan citra produk hand body lotion Moistra yaitu untuk menjadikan kulit sehat dan cantik karena di sini sumber pesan juga bertindak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Daya tarik sumber pesan dapat mempengaruhi citra terhadap produk yang dipromosikan sedangkan kredibilitas sumber pesan sangat penting dalam membentuk citra produk. Di mana kredibilitas sumber pesan diharapkan dapat merubah sikap, kepercayaan dan perilaku pangsa pasar yang ditujunya agar sesuai dengan yang diinginkan. Pemakaian celebrity (selebriti) sebagai sumber pesan diharapkan dapat mempengaruhi konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan intensitas pembelian produk. Adanya ketergantungan antara sumber pesan dan citra produk harus dapat diantisipasi oleh pihak manajemen sehingga dapat tepat pada pangsa pasar yang ditujunya. Persepsi konsumen remaja dan dewasa terhadap sumber pesan dan citra produk terdapat perbedaan, di mana konsumen remaja lebih dominan dibandingkan konsumen dewasa, hal ini dikarenakan konsumen remaja cenderung masih mencari jati diri sehingga keinginan untuk mencoba lebih besar daripada konsumen dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3017 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2016 07:36
Last Modified: 21 Feb 2017 03:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item View Item