Pentingnya mengungkapkan akuntansi lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada laporan keuangan bagi perusahaan

Puspita, Verra (2008) Pentingnya mengungkapkan akuntansi lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada laporan keuangan bagi perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Akuntansi lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dapat membantu perusahaan menunjukkan tanggung jawab moralnya kepada semua pihak yang berkepentingan. Perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi mempunyai pengaruh yang besar terhadap perekonomian dan masyarakat luas sehingga suatu perusahaan tidak hanya bertanggung jawab kepada investor dan kreditor, tetapi juga kepada golongan masyarakat luas yang lain. Tujuan dari pembahasan makalah ini adalah untuk meninjau secara teoritis mengenai akuntansi lingkungan sebagai bentuk pertanggugjawaban sosial bagi perusahaan. Karena berbagai kerusakan yang telah terjadi karena berbagai aktivitas industri yang merupakan dampak dari peningkatan pembangunan, perusahaan perlu melaksanakan tanggung jawab sosial sebagai wujud kepeduliannya terhadap lingkungan. Dimana hal ini juga didukung oleh munculnya berbagai pihak yang mendorong perusahaan mengungkapkan dan menunjukkan tanggung jawab sosialnya dengan melakukan manajemen lingkungan. Perusahaan bisa menunjukkan bukti tanggung jawab sosialnya melalui penerapan akuntansi lingkungan dalam laporan akuntansinya. Akuntansi lingkungan ini sangat bermanfaat dalam mengelola biaya-biaya lingkungan dengan lebih baik, merumuskan strategi bisnis atau non bisnis dengan lebih tepat serta banyak manfaat lainnya yang akan dibahas dalam makalah ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_faculty of business" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Lucia Sukristini
Date Deposited: 16 Jan 2015 03:04
Last Modified: 25 Feb 2015 05:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item