Laporan Kerja Praktek Di PT. PAL Indonesia (Persero)

Putra, Yosef Adiyasa and Saputri, Mainita Chandra (2016) Laporan Kerja Praktek Di PT. PAL Indonesia (Persero). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

PT. PAL Indonesia merupakan salah satu dari Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang manufaktur perkapalan. Dengan fokus utama adalah sebagai penyedia kapal pendukung untuk Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut, dan juga kapal tanker 50.000 DWT. Dalam proses produksi yang dilakukan, terdapat proses pengendalian mutu yang harus dilakukan untuk memastikan kualitas dari hasil produksi. Bagian terpenting dari kapal yang dibuat adalah sambungan pengelasan tiap-tiap block (potongan kapal) dimana kapal akan menerima tekanan yang sangat tinggi terhadap permukaan kapal. Proses pengendalian mutu yang memiliki biaya tinggi dan waktu siklus dari pemeriksaan yang lama adalah tes radiografi atau X-ray. Dimana saat proses X-ray dilakukan, semua pekerja dan pekerjaan yang berada dalam radius bahaya radioaktif harus diberhentikan terlebih dahulu, dan waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan gambar radiografi adalah sekitar 20 menit, dengan beberapa sampel yang diambil. Analisa dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi hasil cacat pada sambungan las. Hasil analisa dengan diagram sebab-akibat menujukkan faktor lingkungan, manusia, mesin, dan material dinilai memberikan dampak terhadap cacatnya hasil pengelasan. Lalu dilanjutkan dengan analisa kemampuan proses dimana didapatkan bahwa persentase proses akan menghasilkan produk cacat adalah sebesar 6,04%. Untuk peta kendali proporsi cacat didapatkan batas atas sebesar 0,3782. Dengan batas atas dari peta kendali P dan persentase cacat 6,04% hasil analisa kemampuan proses, dua nilai ini akan dijadikan batasan dalam penggunaan prosedur sampling military standard, dimana persentase cacat dari analisa kemampuan proses akan digunakan dalam batasan penerimaan kualitas pada tabel military standard dalam pengambilan sampel untuk bagian lambung kapal yang dinilai sensitif pada cacat pengelasan. Lalu batas atas hasil perhitungan peta kendali P akan digunakan dalam batasan untuk bagian dek dan akomodasi kapal karena dinilai tidak memerlukan pemeriksaan X-ray yang banyak, namun dapat digantikan dengan metode pemeriksaan yang lain yang lebih rendah biaya seperti tank test, vacuum test, dan pressure test.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Industrial Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Diagram sebab-akibat, analisa kemampuan proses, peta kendali proporsi cacat, dan Military Standard.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 3625 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2016 06:28
Last Modified: 08 Nov 2016 06:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item