Hierarchy of effect iklan televisi animasi berseri

Njotomulio, Ariestya Magdalena (2012) Hierarchy of effect iklan televisi animasi berseri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Semakin ketat persaingan pasar semakin memerlukan teknik iklan yang unik, kreatif, dan sesuai karakteristik segmentasi pasar. Molto Ultra Sensation menggunakan teknik animasi berseri, dimana dikatakan berani karena teknik animasi identik dengan produk bersegmentasi pasar ana-¬anak atau remaja. Sebaliknya, Molto Ultra Sensation bersegmentasi pasar orang dewasa. Karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam sampai pada tahapan mana dampak serta gambaran dampak dari iklan televisi animasi berseri jika dievaluasi dengan hierarchy of effect. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Sedangkan metode teknik analisis data adalah theory-led thematic analysis. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan validitas argumentatif serta komunikatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dan gambaran dampak dari iklan televisi animasi berseri hanya sampai pada area afektif, yaitu tahap liking. Dari keenam tahap dalam hierarchy of effect, iklan televisi animasi berseri hanya mampu menggerakkan pemirsa melalui tahap awareness, knowledge, dan liking. Sedangkan tahap keempat hingga keenam belum mampu dicapai (preference, conviction, dan purchase). Iklan televisi animasi berseri mampu memberi pengaruh pada area kognitif, yaitu memiliki daya tarik yang besar dalam membuat pemirsa aware terhadap keberadaan produk maupun pengetahuan produk. Selain itu, juga mampu mempengaruhi area afektif, yaitu mampu memunculkan rasa minat terhadap produk. Akan tetapi, iklan televisi tersebut belum mampu membuat pemirsa menyukai produk yang ditawarkan melebihi produk pesaing, keyakinan untuk membeli, bahkan melakukan pembelian. Adapun perilaku membeli produk bukan karena pengaruh tayangan iklan televisi animasi berseri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Facuolty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Hierarchy of effect, iklan televisi animasi berseri, molto ultra sensation
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2017 04:47
Last Modified: 23 Mar 2017 04:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item