Pengembangan media pembelajaran mandiri berbasis komputer sub-pokok bahasan medan magnet oleh kawat berarus untuk siswa SMA

Verawati, Ita (2017) Pengembangan media pembelajaran mandiri berbasis komputer sub-pokok bahasan medan magnet oleh kawat berarus untuk siswa SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
BAB 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat dipengaruhi oleh adanya perkembangan sains yang pesat, sehingga sains dan teknologi merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan. Fisika merupakan bagian dari sains sehingga fisika memiliki peran penting dalam perkembangan sains dan teknologi. Dengan demikian, pelajaran fisika pada generasi muda khususnya siswa SMA sangatlah penting untuk menunjang perkembangan sains dan teknologi, namun kebanyakan siswa SMA kurang menyenangi pelajaran fisika. Dalam mengajar di kelas guru telah semaksimal mungkin agar siswa dapat berkonsentrasi dan berperan aktif dalam mengikuti pelajaran fisika. Dalam memahami materi fisika tidak cukup hanya dilakukan di dalam kelas saja, belajar mandiri di luar kelas sangat dibutuhkan. Dalam belajar mandiri, media pembelajaran mempunyai peran yang sangat strategis. Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran mandiri berbasis komputer untuk materi fisika SMA tentang medan magnet oleh kawat berarus. Metode penelitian pengembangan ini berorientasi pada pengembangan produk pembelajaran yang digunakan untuk pemecahan masalah pembelajaran. Hasil dari penelitian berupa CD media pembelajaran mandiri materi medan magnet oleh kawat berarus untuk siswa SMA yang dilengkapi dengan materi (terdapat animasi pendukung dan contoh soal), simulasi eksperimen, dan soal (soal latihan dan soal evaluasi). Hasil validasi ahli diperoleh poin 3,48 yang tergolong baik dari poin maksimum 4. Uji lapangan dilakukan pada 25 siswa kelas XII IPA SMA Santo Carolus Surabaya. Berdasarkan hasil angket, 95,2% responden menyatakan bahwa media pembelajaran ini menarik, dapat membantu memahami materi medan magnet oleh kawat berarus, dan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri. Dengan demikian, media pembelajaran mandiri berbasis komputer yang telah dibuat ini dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri oleh siswa SMA dalam memahami materi fisika pada sub-pokok bahasan Medan Magnet oleh Kawat Berarus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran mandiri, Media pembelajaran berbasis komputer, Medan Magnet oleh Kawat Berarus
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3811 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:43
Last Modified: 31 Jan 2017 01:43
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item