Pembuatan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Santo Yosef Surabaya pada pokok bahasan Usaha dan Energi

Sareng, Hermina E.E (2017) Pembuatan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Santo Yosef Surabaya pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I_A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB II_A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III_A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV_A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V_A5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas VIII A SMP Santo Yosef Surabaya, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan. Hasil validasi memberikan skor 3,23 untuk RPP, 3,15 untuk Buku Siswa, dan 3,08 untuk LKS. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi: keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan berkategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukkan 53 % siswa berkategori aktif, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran. Juga diperoleh Hasil belajar akhir sebesar 81,3. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai awalnya yaitu sebesar 33. Adapun respon siswa terhadap implementasi TPS 18,3 % dan skor gain rata-rata sebesar 0,70 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, keaktifan siswa, hasil belajar, model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3882 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2017 01:39
Last Modified: 01 Feb 2017 01:39
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item