Perancangan standard operating procedure siklus penjualan tunai pada perusahaan jasa salon mobil (Studi praktek kerja pada perusahaan jasa PT. Palar Persada Sejahtera)

Ko, Jessica Agripina (2017) Perancangan standard operating procedure siklus penjualan tunai pada perusahaan jasa salon mobil (Studi praktek kerja pada perusahaan jasa PT. Palar Persada Sejahtera). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kelangsungan hidup perusahaan bergantung dengan baiknya siklus penjualan. Siklus penjualan merupakan kegiatan rutin yang terus menerus terjadi setiap harinya, karena jika tidak ada siklus penjualan, maka perusahaan tidak akan mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan yang semakin ketat. Setiap perusahaan tentu mempunyai sistem dan budaya yang berbeda-beda. PT. Palar Persada Sejahtera (PT. PPS) merupakan salah satu perusahaan jasa di Surabaya yang menawarkan perlindungan cat untuk mobil. PT. PPS selama berdiri belum memiliki alur proses bisnis dalam bentuk flowchart dan pedoman baku atau biasa disebut Standard Operating Procedure (SOP) dimana hal ini berguna sebagai salah satu kontrol perusahaan. Mengingat banyaknya jenis penjualan dan dokumen penjualan yang memiliki urutan waktu yang berbeda untuk setiap pemakaian dokumennya maka perlu dilakukan perancangan SOP dan flowchart untuk proses bisnis PT. PPS khususnya siklus penjualan, agar PT. PPS dapat menjalankan aktivitas penjualannya dengan lebih efektif untuk kedepannya. Perancangan SOP penjualan pada PT. PPS bertujuan untuk memberi arahan proses tugas, memberi batasan tanggung jawab masing-masing karyawan, dan memudahkan memonitoring pekerjaan karyawan sehingga dapat memberi kepuasan pada pelanggan. Pembuatan flowchart dan perancangan SOP untuk PT. PPS meliputi penjualan tunai dari Sales Counter melalui Walk-in dan Call-in tanpa uang muka, penjualan tunai dari Sales Counter melalui Walk-in dan Call-in dengan uang muka, penjualan tunai dari Sales Counter melalui Walk-out, penjualan tunai dari Sales Counter melalui Call-out tanpa uang muka, penjualan tunai dari Sales Counter melalui Call-out dengan uang muka, penjualan tunai dari Sales Showroom, penjualan tunai dari Sales Counter pihak ketiga dengan purchase order, penjualan tunai dari Sales Counter pihak ketiga tanpa purchase order

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penjualan, standard operating procedure, perusahaan jasa
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3947 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:48
Last Modified: 13 Feb 2017 03:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item