“Perencanaan PPh dan PPN atas penyerahan mobil bekas secara konvensional dan online (Studi kasus showroom “M” di Surabaya)”

Moelyono, Rudy Hadi (2017) “Perencanaan PPh dan PPN atas penyerahan mobil bekas secara konvensional dan online (Studi kasus showroom “M” di Surabaya)”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan pemasukan terbesar negara yang digunakan untuk membayar pengeluaran keperluan rutin negara maupun untuk melakukan pembangunan nasional bagi kemakmuran rakyat. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengenaan pajak terhadap showroom “M” di Surabaya. Analisis pengenaan pajak berfokus pada berbagai aspek perpajakan yang ada pada showroom “M”. Aspek perpajakan yang ada adalah Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan badan, dan Pajak Pertambahan Nilai. Analisis perpajakan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana ketaatan pemilik showroom “M” dalam membayar pajak serta memberikan saran tentang perencanaan pajak yang sesuai dengan showroom “M”. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan karyawan dan pemilik showroom ”M”. Selain wawancara, data dikumpulkan dengan meminta dokumen-dokumen berupa pencatatan yang selama ini dilakukan oleh showroom “M” yang terkait dengan PPh Pasal 21, PPh Badan, dan PPN. Teknik analisis data dilakukan dengan mengobservasi perpajakan yang ada pada showroom “M” dan melakukan ilustrasi perhitungan perpajakan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Hasil penelitian ini adalah bahwa pengenaan perpajakan PPh Pasal 21 dan PPh badan terhadap showroom “M” yang melakukan penjualan secara online dan konvensional disamakan dengan peraturan perpajakan untuk bidang usaha lain, namun Pajak Pertambahan Nilai pada showroom memiliki penerapan khusus yang diatur peraturan perpajakan. Penerapan Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan Badan, dan PPN di showroom “M” belum sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: PPh Pasal 21, Pajak Penghasilan Badan, dan PPN showroom, tax planning
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4072 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:42
Last Modified: 16 Feb 2017 03:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item