Fungsi bagian income audit dalam upaya meningkatkan pengendalian internal pada transaksi penjualan di Hotel JW Marriott Surabaya (Studi praktik kerja pada hotel JW Marriott Surabaya)

Christopher, . (2017) Fungsi bagian income audit dalam upaya meningkatkan pengendalian internal pada transaksi penjualan di Hotel JW Marriott Surabaya (Studi praktik kerja pada hotel JW Marriott Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Hotel JW Marriott Surabaya adalah salah satu hotel luxury bintang lima yang banyak diminati oleh wisatawan asing dan domestik. Penjualan yang ada di Hotel JW Marriott Surabaya terbagi menjadi dua jenis, yaitu penjualan kamar dan penjualan di outlet hotel. Semakin banyak jumlah transaksi penjualan yang terjadi di hotel, maka diperlukan sebuah pengendalian internal terkait transaksi penjualan agar dapat meminimalisasi dan mencegah risiko kecurangan. Income Audit adalah salah satu dari bagian manajemen hotel yang melakukan pengendalian internal terkait transaksi penjualan hotel. Income Audit melakukan pengendalian dengan memeriksa kelengkapan dokumen penjualan, memeriksa bill yang digunakan oleh kasir outlet , melakukan kegiatan audit secara rutin di outlet, dan memeriksa apakah prosedur penjualan hotel telah dijalankan dengan benar oleh bagian resepsionis dan kasir outlet. Tujuan dari magang ini adalah untuk melakukan pemeriksaan atas pengendalian internal terkait transaksi penjualan kamar dan penjualan di outlet. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh pemagang adalah melalui wawancara dengan bagian-bagian yang terkait dengan transaksi penjualan, observasi melalui kegiatan audit terkait transaksi penjualan salah satunya dengan memeriksa apakah prosedur penjualan milik hotel telah diterapkan dengan baik, dan melakukan dokumentasi terkait dokumen transaksi penjualan. Setelah pengumpulan data, maka pemagang akan melakukan pemeriksaan pengendalian internal berdasarkan komponen pengendalian internal menurut COSO. Hasil dari pemeriksaan pengendalian internal yang dilakukan pemagang menunjukkan bahwa pengendalian internal terkait transaksi penjualan yang ada di Hotel JW Marriott Surabaya sudah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan komponen pengendalian internal menurut COSO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Audit, Pengendalian Internal
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4052 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:46
Last Modified: 16 Feb 2017 03:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item