Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengungkapan segmen operasi dan dampaknya terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan manufaktur

Nindyani, Nyoman Oktriya (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengungkapan segmen operasi dan dampaknya terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan manufaktur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia pelaporan segmen operasi di atur oleh Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 5 (Revisi 2009). Pengungkapan segmen operasi yang berkualitas diharapkan dapat mengurangi biaya modal ekuitas perusahaan sebagai biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh modal. Kualitas pengungkapan segmen diproksikan dengan luasnya pengungkapan, sedangkan biaya modal dihitung melalui metode Capital Asset Pricing Model (CAPM). Penelitian ini dilakukan dengan dua model dimana model pertama bertujuan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengungkapan segmen. Variabel independen yang diambil antara lain ukuran perusahaan, kualitas audit, umur perusahaan, kepemilikan publik, profitabilitas, leverage, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap kualitas pengungkapan segmen operasi. Penelitian model kedua, bertujuan menguji pengaruh kualitas pengungkapan segmen terhadap biaya modal ekuitas. Objek penelitian menggunakan perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2014. Sampel sebanyak 135 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian model satu menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kualitas audit, dan kepemilikan publik berpengaruh positif mempengaruhi kualitas pengungkapan segmen. Umur perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas pengungkapan segmen. Profitabilitas, leverage, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan belum terbukti mampu mempengaruhi kualitas pengungkapan segmen. Pada penelitian model dua, menunjukkan bahwa kualitas pengungkapan segmen belum terbukti mampu mempengaruhi biaya modal ekuitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kualitas pengungkapan segmen operasi, biaya modal ekuitas
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4087 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:26
Last Modified: 17 Feb 2017 02:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item