Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Ivana Febriana B, . (2017) Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (829kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Stres merupakan respons individu terhadap kejadian yang menekan ketika menghadapi tuntutan akademik yang mempengaruhi fisiologis, kognitif, emosi, dan perilaku dari individu tersebut. Self regulated learning merupakan cara individu dalam melakukan pengaturan diri yang melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku guna mencapai tujuan belajarnya. Faktor yang diduga dapat mengurangi stres akademik pada mahasiswa adalah self regulated learning. Mahasiswa yang memiliki self regulated learning yang tinggi cenderung melakukan melakukan evaluasi, menjaga motivasi, menyusun rencana, dan strategi belajarnya, serta berinisiatif mencari informasi mengenai materi perkuliahan jika mengalami kesulitan. Stres akademik yang rendah akan diikuti dengan self regulated learning yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Subjek dalam penelitian ini (N = 134) adalah mahasiswa Fakultas Psikologi pada tahun kedua dan ketiga. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total population study. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur skala stres akademik dan self regulated learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi non parametric Kendall’s Tau_b. Selain analisis kuantitatif, peneliti juga melakukan wawancara tambahan terhadap subjek yang memiliki skor stres akademik tinggi dengan self regulated learning sedang dan tinggi. Hasil analisis menunjukkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan antara stres akademik dan self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Analisis data juga menunjukkan peran subjek dalam memaknai stresor yang dapat menjadi eustres dan distres.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, self regulated learning, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 4134 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2017 02:33
Last Modified: 13 Jul 2017 10:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item